Protein merupakan komponen penting pada setiap sel dalam tubuh. Rambut dan kuku sebagian besar terbuat dari protein. Fungsi protein pada tubuh berguna untuk membangun dan memperbaiki jaringan. Tubuh manusia juga menggunakan protein untuk membuat enzim, hormon, dan bahan kimia tubuh lainnya. Protein adalah blok bangunan penting dari tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah.

5 Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia

Setiap sel di tubuh kita mengandung protein, sehingga memenuhi kebutuhan protein sangat penting untuk kesehatan tubuh. Seperti dijelaskan diatas, berikut beberapa fungsi protein pada tubuh manusia:

  1. Untuk Jaringan Tubuh dan Otot

    Protein diperlukan dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Jika Anda tidak menerima cukup protein dalam makanan Anda, pemborosan otot dan gejala lainnya mungkin terjadi. Latihan seperti latihan beban menyebabkan stress kecil di otot dan saat tubuh Anda memperbaiki ini, otot akan membesar. Protein diperlukan untuk respon kekebalan tubuh yang membantu menyembuhkan otot kecil.

  2. Untuk Hormon

    Hormon adalah bahan kimia yang diproduksi oleh kelenjar di satu bagian tubuh yang membantu mengkoordinasikan aktivitas dan berkomunikasi dengan area lain. Hormon protein mengikat reseptor pada selaput sel alih-alih memasuki sel secara langsung. Protein hormonal, seperti insulin dan oksitosin, memainkan peran penting seperti mengendalikan konsentrasi gula darah dan merangsang kontraksi saat melahirkan. Hormon juga dapat mengaktifkan pertumbuhan otot dengan meningkatkan sintesis protein atau mengurangi kerusakan protein. Ini merupakan salah satu fungsi protein yang paling penting untuk tubuh manusia.

  3. Enzim

    Enzim adalah protein yang mengikat molekul untuk mempercepat reaksi kimia. Mereka berperan dalam banyak aktivitas seperti kontraksi otot dan relaksasi, dan transmisi impuls saraf. Amilase dan lipase adalah enzim yang membantu Anda mencerna karbohidrat dan lemak. Enkapsulasi ATPase mengekspor racun sel, dan sangat penting untuk menghancurkan adenosine triphosphate, atau ATP, yang melepaskan energi.

  4. Sistem kekebalan

    Antibodi adalah konfigurasi protein khusus yang memberikan pertahanan kekebalan spesifik melawan penyakit. Mereka diproduksi oleh tubuh setelah terkena antigen spesifik seperti bakteri, virus dan jamur. Protein pelengkap mendukung sistem kekebalan tubuh sebagai lini pertahanan kedua. Mereka dapat membuat lubang di dinding bakteri, meningkatkan peradangan yang menyerang makrofag yang menghancurkan organisme yang menyerang, dan menempel pada zat asing.

  5. Energi

    Protein dipecah menjadi asam amino selama pencernaan dan menyediakan empat kalori per gram. Termasuk protein pada makanan bisa membantu Anda merasa lebih kenyang. Meski protein bisa dijadikan sumber energi, sumber energi utama tubuh adalah karbohidrat. Mengkonsumsi makanan dengan protein tanpa lemak seperti kacang dan ikan, karbohidrat kompleks seperti biji-bijian dan sayuran, dan lemak sehat seperti minyak zaitun dan alpukat adalah cara terbaik untuk memasok tubuh Anda dengan energi. Terutama pada ikan gabus, data hasil penelitian menunjukan bahwa ikan gabus kaya protein.

Dari penjelasan tersebut diatas, maka kita mendapat kesimpulan bahwa fungsi protein benar-benar memainkan peranan penting bagi tubuh manusia dari anak-anak hingga lanjut usia.

Solusi Kebutuhan Protein

Tidak seperti lemak dan karbohidrat, tubuh tidak menyimpan protein. Oleh karena itu tubuh tidak memiliki tempat simpanan protein untuk diambil saat dibutuhkan.  Solusi untuk seseorang yang kurang protein hanyalah dengan mengkonsumsi protein sepanjang hari. Berikut sumber makanan yang banyak mengandung protein :

  • Ikan: Ikan menawarkan asam lemak omega-3 yang sehat untuk jantung dan, pada umumnya lebih sedikit lemak daripada daging.
  • Unggas: Anda bisa menghilangkan sebagian besar lemak jenuh dengan mengeluarkan kulit unggas.
  • Kacang: Kacang mengandung lebih banyak protein daripada protein nabati lainnya. Plus, mereka sarat dengan serat yang dapat membantu Anda merasa kenyang berjam-jam. Satu ons kacang almond memberi Anda 6 gram protein, jumlah protein yang hampir sama dengan satu ons steak ribeye panggang.
  • Seluruh biji-bijian: Sepotong roti gandum memberi Anda 3 gram protein, ditambah serat.

Sebenarnya, tubuh kita membutuhkan lebih sedikit protein total yang mungkin Anda pikirkan. Tapi kita semua bisa mendapatkan keuntungan dari mendapatkan lebih banyak protein dari sumber makanan yang lebih baik. Tidak begitu cepat dapat diserap tubuh, kata ahli gizi.  Oleh karena itu, kami menyediakan sari protein yang terdapat pada ikan gabus atau yang disebut dengan albumin cair.

Pin It on Pinterest

Share This